Selasa, 19 Juli 2011

INFORMATIKA

Informatika
Program Studi / Departemen Informasi di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri bersama-sama dengan Departemen Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Industri. Program Studi Teknik Informatika memiliki visi dalam jangka waktu sepuluh tahun ke depan diproyeksikan untuk menjadi program terkemuka di bidang Teknologi Informasi di Indonesia. Misi Program Studi yang menyediakan program pelatihan, pendidikan dan penelitian yang terbaik di bidang Informatika melalui pengembangan kurikulum akademik seorang yang dinamis, fasilitas pendidikan dengan kualitas terbaik dan staf akademik, teknis dan administrasi pendidikan yang berkualitas.
Kurikulum didasarkan pada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran tentu saja, dipandu oleh Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Kurikulum Pengembangan Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, serta mengacu pada kurikulum yang dikembangkan oleh lembaga atau asosiasi di bidang Informatika dan Ilmu Komputer internasional maupun tingkat nasional, yaitu Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE ), Asosiasi untuk Komputasi Mesin (ACM), Asosiasi Universitas dan Informasi dan Komputer (APTIKOM)
Selain itu, kurikulum dikembangkan untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan informatika dengan industri dan bisnis.
Dengan mempertimbangkan kebutuhan industri bisnis dan ilmu pengetahuan kerangka Informatik, dapat dilihat hubungan keterkaitan antara perspektif industri, struktur dan fokus infromatika kurikulum ilmu dikembangkan sebagai berikut:

    
Siswa yang tertarik untuk menjadi ahli dalam bidang Informatika pertama harus menguasai pengetahuan dasar (pengetahuan inti) informatika.
    
Selanjutnya, siswa harus memahami pengetahuan inti, di sini Teknik Informasi akan membahas teori dasar komputasi yang sangat dibutuhkan.
    
Lebih lanjut sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan program studi kekuatan, akan mengembangkan ilmu yang berorientasi pada penciptaan entitas yang siap berlaku untuk kehidupan manusia. Dalam hal ini ilmu yang dikembangkan oleh suatu program studi, termasuk: grafis komputer dan sistem multimedia, konsep dan teknik data mining (data mining), rekayasa perangkat lunak.

Berdasarkan hasil akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kursus / jurusan Informatika dinyatakan terakreditasi oleh Penilaian Akreditasi A (Sangat baik). Status tersebut ditetapkan dalam Keputusan Badan Nasional Akreditasi Pendidikan Tinggi Nomor 017/BAN-PT/Ak-VIII/S1/V/2004 tertanggal 7 Mei 2004.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes